Lestarikan Seni Silat Beladiri Sejak Usia Dini, Ini Bentuk Pengabdian dan Penghormatan Kepada Leluhur

  • Bagikan

MADIUN I teratetv.or.id – Seni Silat Bela Diri adalah ilmu yang sebaiknya ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Banyak sekali manfaat yang didapatkan anak, jika mengikuti bela diri sejak dini, selain untuk olahraga, bela diri juga bisa menjadi sarana menyalurkan gerak aktif anak yang sedang membara di usia balita.

Menurut Sastro Negoro salah satu Warga dari Organisasi SH Terate Rayon Karangsono, Ranting Kanigoro Cabang Blitar menyampaikan bahwa, Semua jenis ajaran bela diri itu bagus bagus. “Dalam berlatih terpenting adalah dukungan dan pengawasan selalu oleh orang tua, amati lingkungan sekitar, organisasi bela diri yang di ikuti sudah baik atau tidak dan saling koordinasi antara organisasi bela diri tersebut dengan orang tua,”terangnya.

Lalu apa manfaatnya anak Belajar Bela Diri Sejak Dini, lanjut Sastro Negoro, Beberapa manfaat anak belajar bela diri sejak dini antara lain, Dengan bela diri, anak dilatih untuk banyak bergerak seperti berlari, melompat, menendang, memukul, gerakan menghindar, dan banyak lagi yang menggunakan gerak dan fisiknya. Ini sangat bagus untuk menyalurkan gerak fisiknya daripada mereka bergerak kesana kemari tanpa arah dan manfaat.

Selain itu, manfaatnya adalah, Meningkatkan rasa percaya diri dan keberaniannya dengan ikut bela diri, anak bertemu dengan banyak orang baru, berinteraksi dengan orang-orang yang tidak hanya seusia dengannya. Tentu saja ini membuat pergaulannya semakin luas, tidak takut dengan orang banyak dan lebih percaya diri.

“Bela diri bukan berarti kita kasar dan boleh melakukan adu fisik kepada orang lain (memukul / menendang) tanpa alasan. Ilmu bela diri dipergunakan untuk mempertahankan diri, membela diri, dan menjaga diri dari serangan orang yang tidak baik terhadap kita terutama untuk menjalin tali persaudaraan,”terangnya.

Yang terahir meningkatkan kedisiplinan, Dengan mengikuti bela diri, anak belajar untuk patuh terhadap aturan dan waktu yang ditetapkan oleh pelatih bela diri.

“Mulai dari Jam mulai, jam istirahat, jam latihan berakhir, jadwal pemanasan, jadwal praktek teknik memukul dan menendang, dan lain sebagainya. Semua sudah ditetapkan dan anak bisa belajar agar dapat mengikuti dan menjalankan aturan dengan sebaik-baiknya,”tandasnya.

  • Reporter : YOSIA
  • Editor : SASTRO NEGORO
  • #teratetv.or.id#
  • #teratetvindonesia#
  • #shteraterantingkarangsono#
  • #shteratecabangblitar#
  • Bagikan