Tim Porprov Pencak Silat Jombang, Boyong Emas dan Perunggu

  • Bagikan

Foto : Tim Porprov Pencak Silat Jombang, Boyong Emas dan Perunggu.

JOMBANG I teratetv.or.id – Tim Kontingen Cabang Olahraga Pencak Silat yang turun di multi event Porprov Jatim VIII tahun 2023 berhasil menyabet dua medali. Yaitu satu emas dan satu medali perunggu.

Dua medali itu dipersembahkan dua atlet yang laga di kelas seni dan kelas laga/tanding. Medali emas disuguhkan Muhammad Kevin Prastya yang mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dihadapan para juri.

Tampil selama tiga menit, Kevin mampu mengumpulkan point tertinggi di banding atlet Sidoarjo dan Kota Surabaya, yang masing-masing menduduki urutan kedua (perak) dan juara ketiga (perunggu) bagi atlet Kota Surabaya.

Dengan lincah Kevin, mengapresiasikan gerak pendekar silat. Secara tertahap Kevin mampu dengan baik tampil tangan kosong sesi pertama, dilanjutkan pergerakan menggunakan tongkat, dan menutupnya dengan sigap menggunakan senjata tajam (pedang).

Sementara itu, Budi Setiawan selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Jombang turut hadir menyaksikan laga di auditorium UNDAR Jombang Tersebut.

Pada gelaran Porprov 2023 ini, pesilat putri Jombang juga mampu menyuguhkan medali perunggu, yakni Luqi Sinta Pratiwi pesilat cantik dari yang mewakili kab Jombang yang berasal dari PSHT Cabang Jombang Pusat Madiun. Sinta tanding di kelas B (50-55 kg), pada Kamis (24/8/2023).

Pada babak semi final Sinta kalah point dari kesigapan atlet putri Kabupaten Malang, Chermia Zulzana yang nota bene, atlet Puslatda KONI Jatim yang dipersiapan untuk Pra PON 2023 di Semarang Jawa Tengah, 09 – 16 September 2023 mendatang.

“Alhamdulillah ini hasil terbaik bagi atlet Silat Kabupaten Jombang. Kami sampaikan syukur alhamdulillah, atlet Jombang tidak ada yang cidera, selamat semua. Teknik pertandingan, peraturan terbaru lebih keras dibanding peraturan gelaran Poprorv lalu,” urai Budi Setiawan Ketua IPSI Kabupaten Jombang.

Luqi Shinta Pratiwi, siswa kelas XII SMK di Kecamatan Gudo yang berasal dari Perguruan PSHT Cabang Jombang Pusat Madiun ini merasa bangga bisa meraih medali perunggu. Ini merupakan hasil kerja keras latihan rutin bersama teman-teman dan pelatih. Ia berjanji pada kesertaan Porprov berikutnya akan berupaya maksimal untuk bisa meraih medali emas.

“Banggalah, meskipun juara tiga. Lawan lebih bagus. Dari event ini menjadi pengalaman terbaik untuk meningkatkan kemampuan ke depan,” tukas Mas Darojat salah satu Coach pencak silat IPSI Kab Jombang ini menutup perbincangan.

Sementara itu, Plt. Ketua Umum KONI Kabupaten Jombang Sumarsono, S.Pd, MM mengapreasiasi koleksi dari Cabor Pencak Silat. Dia berharap, hasil ini akan memacu cabor lainnya meningkatkan prestasi, meraih medali terbaik. “Cabor Silat mendahului cabor lainnya, syukur alhamdulillah. Silat ada perkembangan, disbanding Porprov VIII yang meraih medali perak,” ucapnya.

Cabor Pencak Silat tahun 2023 ini mengirimkan 21 atlet, 9 putri, 12 putra. Agenda Pencak Silat Porprov di UNDAR Jombang: Jum’at (25/8/2023) final pertandingan laga/tanding putra-putri, mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

  • Reporter : Joko Utomo.
  • Editor : SASTRO NEGORO.

 

 

  • Bagikan