PSHT Cabang Brebes Adakan Kegiatan Brebes Bersholawat

  • Bagikan

Foto : PSHT Cabang Brebes Adakan Kegiatan Brebes Bersholawat.

BREBES I teratetv.or.id – Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Brebes, Pusat Madiun telah sukses menyelenggarakan pengajian Akbar dalam rangka tasyakuran warga baru tahun 2023. Acara bertempat di Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Luwungragi Bulakamba Brebes, Sabtu (01/9/2023).

Kegiatan pengajian dan tasyakuran warga baru tersebut bertajuk, “Brebes Bersholawat”. Kegiatan ini merupakan agenda cabang sebagai ungkapan Syukur atas terlaksananya kegiatan pengesahan warga baru Tingkat I Tahun 2023 yang dilaksananakan beberapa saat lalu, dihadiri oleh para tokoh masyarakat, seluruh warga baru, panitia, pengurus, simpatisan Masyarakat Brebes dan sekitarnya.

Menurut Ketua Panitia kegiatan, Kangmas Lukman El Hakim mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan amanat organisasi yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran dalam pelaksanaan pengesahan warga baru PSHT Cabang Brebes Tahun 2023. Disamping itu, juga penyampaian materi ke-SH an yang disampaikan pasca Latihan bagi warga baru agar tetap bersatu, menjaga Marwah SH Terate, dan menjadi warga yang saling asah, asih, dan asuh serta dapat menjadi teladan dalam Masyarakat.

Sementara itu, menurut Ketua PSHT Cabang Brebes, Kangmas Moh. Fauzan yang diwakili oleh Kangmas Legowo, M.Pd dari Dewan Cabang bahwa pendidikan dan pelatihan dalam PSHT sangat menekankan kemantapan sikap jasmani dan Rohani, membentuk mentalitas unggulan sebagai pesilat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan keadilan sebagaimana yang diamanatkan dalam aturan internal organisasi.

“Setiap warga SH Terate wajib mematuhi pepacuh dan sumpah bersama yang diikrarkan pada saat pengesahan, karena dengan mematuhi dan mengindahkan aturan maka diri kita akan diajeni ‘dihormati’ dan disegani oleh kawan dan lawan,”terangnya.

Sementara dalam kegiatan ini, Tausia diisi oleh Kyai Haji Gus Minanul Aziz, Lc dari Brebes. Dalam kesempatan itu, Kyai Haji Gus Minanul berpesan bahwa kemampuan berpencak silat akan sangat berpengaruh pada performance manusianya, dan akan berbahaya bila kemampuan berpencak silat tidak didasari oleh ajaran budi pekerti luhur yang dicontohkan oleh para leluhur PSHT.

Semua ilmu harus dilambari sikap sumeleh, rendah hati, dan tawadu, serta kepasrahan bahwa tidak ada daya dan Upaya kecuali yang datangnya dari Allah SWT. Ilmu SH itu titipan saja, dan akan dicabut oleh yang Empu-Nya bila kita tidak mau dan tidak mampu merawatnya untuk kebaikan dan keutamaan.

Acara ditutup dengan doa bersama dipimpin oleh Kangmas Jarot Sutrisno, dengan harapan seluruh warga SH Terate menjadi pribadi yang sehat jasmani dan Rohani, menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan keadilan, dapat menjadi contoh bagi kelurga dan Masyarakat, berkominten dalam mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan Bersama, memayu hayuning bawana. Matur nuwun.

  • Reporter : Urip Triyono, S.S.
  • Editor : SASTRO NEGORO.
  • Bagikan