Kangmas H. R. Moerdjoko HW : Festival Reog Ponorogo Ini, Salah Satu Budaya Bangsa, Sama Dengan Pencak Silat di PSHT

  • Bagikan

Foto : Kangmas H. R. Moerdjoko HW : Festival Reog Ponorogo Ini, Salah Satu Budaya Bangsa, Sama Dengan Pencak Silat di PSHT. 

PONOROGO I teratetv.or.id – Festival Reog Ponorogo Nasional ke-XXIX ini tidak lepas dari masalah Budaya, dan di Persaudaraan Setia Hati Terate juga mengembangkan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa. Jadi untuk saudara kita yang tampil di Festival Reog ini sejalan dengan apa yang di sampaikan ajaran SH Terate.

Statemen ini di sampaikan langsung Kangmas H. R. Moerdjoko HW Ketua Umum Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat, saat melihat pegelaran Festival Reog dan transit di Rumah Dinas Bupati Ponorogo, Rabu (03/7/2024).

Tak hanya sekedar berpartisipasi, kata Kangmas H.R. Moerdjoko HW, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat juga turut serta melestarikan budaya dan sekaligus melestarikan Reog Ponorogo di padepokan pusat. Pelestarian ini, tentu sangat seiring dan sejalan dengan pencak silat.

Hal itu terbukti dengan tampilnya group Reog Krida Satria Tama Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Pusat, dipanggung utama alun-alun Ponorogo pada gelaran Festival Nasional Reog Ponorogo (FRNP) XXIX, Grebeg Suro 2024 taun ini.

Kangmas R. Moerjoko HW menyampaikan Reog adalah warisan budaya bangsa. Sehingga sangat seiring dan sejalan dengan pencak silat. “Oleh karena itu, kita juga berkomitmen untuk menjaga, untuk menguri-uri budaya bangsa Indonesia ini. Sehingga jati diri sebagai bangsa Indonesia akan tetap bisa kita pertahankan sampai kapan pun,” tegasnya.

Sementara itu, Kangmas Moh Komarudin selaku Ketua Cabang SH Terate Ponorogo, Pusat Madiun menambahkan sangat bersyukur karena keluarga besar PSHT, bisa mengayubagio, mengikuti dan menyaksikan gelaran FNRP XXIX, Grebeg Suro 2024.

“Dengan perkembangan yang dilakukan oleh parogo-parogo reog, luar biasa. Sehingga group reog Krida Satria Tama, komisariat Padepokan Agung SH Terate, pusat Madiun, bisa menampilkan yang terbaik di Festifal Reog Ponorogo XXIX,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Kangmas H. R. Moerdjoko HW di dampingi langsung Ketua PSHT Cabang Ponorogo, Kangmas Moh. Komarudin, Ketua Dewan Cabang, Kangmas Heru Trimawan, jajaran personil Pamter sertama Humas. dalam transit tersebut terlihat kedatangannya disambut hangat oleh Bupati Ponorogo, H. Sugiri Sancoko.

Perlu di ketahui bahwa Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) adalah salah satu festival tahunan yang merupakan salah satu rangkaian acara pesta rakyat Ponorogo yaitu Grebeg Suro yang dilaksanakan pada bulan Muharram. Festival Nasional Reog Ponorogo telah dilaksanakan sejak tahun 1995. Adapun kegiatan Festival Nasioanl Ponorogo ini menjadi salah satu acara yang masuk dalam kalender wisata Jawa Timur.

  • Reporter : SASTRONEGORO.
  • Bagikan